ABOUT ME

-

Today
-
Yesterday
-
Total
-
  • Berburu Sunset di Magelang? 4 Punthuk Ini Bisa Jadi Sasaran Anda
    분류없음 2019.05.05 22:54

    Di kelilingi oleh 5 gunung sekligus, membuat Magelang, Jawa Tengah jadi lokasi ter-epik untuk berburu matahari terbit. Pesona sunrise di atas bukit dengan hamparan luas bak negeri di atas awan inilah yang buat wisatawan domestik dan mancanegara terpincut yang bisa dikunjungi dengan sewa hiace Magelang.

    Sebelumnya nama Magelang sendiri tidak begitu seterkenal kota tetangga, Yogyakarta dan Semarang. Namun semenjak kemunculannya di film Ada Apa Dengan Cinta 2 yang ditonton lebih dari 3 juta penonton tersebut berhasil mendompleng pariwisata yang ada di Kabupaten Magelang. Tentu saja bukan hanya Candi Borobudurnya. Satunya adalah Punthuk Setumbu, sebuah bukit indah yang jadi titik terbaik menikmati terbitnya matahari di Magelang.

     

    Dari Punthuk Setumbu Anda bisa melihat sunrise dengan background Candi Borobudur nan megah. Hanya saja jangan datang saat musim hujan atau cuaca sedang mendung dan turun kabut terlalu pekat. Karena sudah dipastikan, matahari tak akan terlihat.

    Sebenarnya bukan hanya di Punthuk Setumbu saja yang bisa menyajikan pemandangan sunrise dari atas bukit. Masih ada 4 bukit lain di Kabupaten Magelaang yang juga bisa Anda kunjungi sebagai pemuas si pemburu matahari.

     

    1. Punthuk Mongkrong

    Berada di atas ketingginan 624 meter di atas permuakaan air laut, Punthuk Mongkrom disebut-sebut sebagai bukit tertinggi di Magelang yang mengalahkan Punthuk lainnya. Sayang namanya belum begitu santer terdengar karena Punthuk Mongkrong merupakan spot baru di Magelang.

    Dari atas bukit ini Anda dapat menyaksikkan terbitnya matahari yang tak kalah indah dari Punthuk Setumbu. Latar belakang Candi Borobudur, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, dan Gunung Manoreh pun jadi bonusnya.

    Untuk bisa mengunjungi Punthuk Mongkrong Anda harus datang ke Desa Geritengah yang hanya berjarak 5 kilometer saja dari Candi Borobudur. Dekat bukan? Jadi sebelum ke Borobudur, paginya Anda bias mendaki sedikit ke Punthuk Mongkrong untuk berburu sunrise.

     

    2. Punthuk Kendil

    Bukit yang berikutnya ini juga tergolong baru. Punthuk Kendil baru saja dibuka untuk umum pada 2017 lalu. Letaknya juga berdekatan dengan Punthuk Mongkrong yakni berada di Desa Giritengah.

    Dari Punthuk Kendil Anda akan diajak melihat matahari terbit dan panorama keindahan Magelang beserta peninggalan Syailendra lainnya.

     

    3. Punthuk Mangir

    Bukit yang satu ini berda di Balusari, Desa Bawang, Kecamatan Tempuran, Kabupatenn Magelang. Ada banyak bonus yang bisa Anda dapatkan saat berkunjung ke Punthuk Mangir. Bukan hanya pemandangan sunrise yang menawan, di sana juga banyak spot foto yang telah didesain begitu indah.

    Ragam spot kekinian teman narsis di Instagram ini kebanyakan dibuat dari bahan kayu. Di sekitar Punthuk Mangir juga terdapat hutan pinus nan asri.

    Biasanya sehabis berburu matahari terbit, pengunjung akan melanjutkan perjalannya ke hutan pinus untuk sekedar berfoto dan menikmati keasrianya. Bonusnya banyak bukan?

     

    4. Punthuk Gupakan

    Yang terakhir ada Punthuk Gupakan. Letaknya tak jauh dari Punthuk Mongkrong di Desa Giritengah, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Bukit yang satu ini juga menawarkan keindahan matahari terbit yang tak kalah cantik. Spot-spot selfie pun ada banyak di sana.

    Dari keempat Punthuk tadi, tinggal Anda pilih saja mana yang belum pernah Anda kunjungi. Dijamin tidak ada kata menyesal saat berkunjung langsung ke sana!

    Ingat, sebelum ke sana Anda harus membawa kamera agar setiap detik perjalanan matahari dapat Anda abadikan. Satu lagi, baju hangat tak boleh kelupaan. Maklum, keempat punthuk di atas ada di atas bukit yang suhunya cukup menggigit kulit di pagi hari.

     

    Menikmati akhir pekan bersama keluarga memang jadi pilihan paling pas untuk melepas penat. Apalagi jika Anda menghabiskannya di destinasi wisata. Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri, sebab di Indonesia pun banyak destinasi wisata yang bias Anda explore. Nuansa Alam dan penuh sejarah pun ada.

    Taukah Anda jika berlibur akan meningkatkan keharmonisan antar anggota keluarga. Dengan berlibur, maka pikiran Anda akan kembali segar dan tenang, sehingga Anda bisa berbagi kisah dengan keluarga.

    Nah, bagi Anda yang saat ini merencanakan liburan bersama keluarga mungkin Magelang bisa jadi pilihanmu. Mengapa? Sebab di sana menawarkan banyak pilihan wisata yang nyaman dantentunya pas untuk dikunjungi bersama keluarga tercinta.

    Magelang sendiri merupakan satu wilayah di Jawa Tengah yang kaya akan destinasi wisata, khususnya yang berbau alam. Saking banyaknya kini pemerintahan pun gencar mempromosikan keindahan kota sejuta bunga ini lewat berbagai macam wadah.

    Satu lokasi alam yang tidak boleh absen dari daftar Anda adalah Ketep Pass. Ketep Pass merupakan destiansi wisata di jalur Solo - Selo – Magelang Borobudur yang telah diresmikan sejak 2002 lalu.

    Dari objek wisata ini Anda bisa melihat dengan jelas kontur Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Panoramanya begitu menggoda dan sayang untuk dilewatkan atau bahkan hanya dilihat dari kejauhan.

    Untuk bisa mengunjungi Ketep Pass, Anda harus datang ke puncak Bukit Sawangan. Tepatnya berada di antara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Berada di atas ketinggian 1.200 meter di atas permukaan air laut membuat udara di Ketep Pass terasa begitu sejuk dan menyegarkan.

    Meski cukup tinggi, namun Ketep Pass termasuk lokasi wisata yang mudah dijangkau dengan kendaraan, misalnya saja dengan bus, mini bus, sedan, dan lain sebaginya. Anda bisa ke sana lewat Kopeng atau juga bisa lewat Desa Kaponan.

    Untuk yang ingin ke sana dengan buah hati tak perlu khawatir, sebab Ketep Pass juga menyediakan wisata edukasi mengenai Gunung Merapi. Jadi selain berwisata Anda dan keluarga pun akan disuguhi pengetahuan tentang gunung api paling aktif di Jawa tengah tersebut. Spot yang ada di sana pun mudah untuk dieksplore lho.

    Tertarik untuk mengunjunginya? Ketep Pass buka setiap hari Senin - Minggu mulai pukul 06.00 sampai 17.00 WIB.

    Selain tempat selfie dan punya pemandangan yang yahud, apa saja yang bisa Anda nikmati di sana?

     

    1. Nonton film

    Kok bisa ke Ketep Pass nonton film? Jelas saja bisa karena di sana ada wisata edukasi berupa film bagaimana dahsyatnya erupsi Gunung Merapi 2010 silam.

    Untuk bisa melihatnya Anda harus masuk ke Ketep Volcano Theatre. Di sana Anda akan menyaksikkan film dokumenter pendek berdurasi selama kurang lebih 20 menit.

    Ingat ya, kuota penontonnya hanya 15 orang selama satu pemutaran.

     

    2. Melihat matahari terbit

    Jika bosan ke Punthuk Setumbu, Anda bisa ke Ketep Pass dan melihat betapa megahnya matahari terbit di Magelang.

    Yang bikin indah lagi karena dari sana Anda langsung melihat sunrise lewat cela-cela Gunung Merapi dan Gunung Merbabu.

     

    3. Meneropong

    Kurang puas dengan matahari terbit, Anda bisa meneropong bentuk gunung dengan sangat jelas di gardu pandang.

    Cukup membayar Rp 3.000 saja Anda bisa melihat dengan jelas Gunung Merapi dan Gunung Mebabu.

     

    4. Spot foto

    Bagi Anda yang doyan selfie lokasi ini menawarkan tempat terbaik hunting foto. Gugusan perbukitan nan indah dengan view alam akan memuaskan mata Anda dalam sekejap. Anda bisa gunakan sewa hiace Solo di https://sewahiacejogja.id

    댓글 0

Designed by Tistory.